I.M.PERFECT

     Tahun 2020 ini diawali dengan menonton film tentang insekuritas diri, Imperfect. Eh, ngga ding, film pertama yang aku tonton tahun ini Aruna dan Lidahnya di Netflix sih. Soalnya aku belum sempet nonton film yang rilis tahun 2018 itu dan tanggal 1 Januari 2020 Netflix masukin film itu dan juga Posesif. Oke, balik ke Imperfect.. Aku nonton film ini agak telat ya, karena udah rilis tanggal 19 Desember. Tapi karena satu dan banyak hal (sok sibuk banget yaa) baru tanggal 3 Januari kemarin nonton (bareng NKCTHI juga).

     Sebagai pengguna twitter, tentu ngga mungkin ngelewatin review orang tentang film ini di timeline. Apalagi aku follow kak Ernest. Dia banyak retweet dan bales mensyen tentang film ini. Sekilas baca sih banyak yang suka, banyak banget..
    
source: Movieden

     Terus gimana.. apa kesan yang aku dapat setelah nonton film ini?
     Soal insecurity sama body shaming ini sebenernya rame dibicarain baru belakangan ini, ngga sih? Kayaknya setelah tahun 2016, baru aku banyak nemu influencer yang ngomongin ini, which is good. Soalnya secara ngga sadar insecurity ini muncul juga karena gaya hidup ala influencer di Instagram yang gila-gilaan, semuanya demi konten.. *some ppl would be like: don't blame IG* Hahaha okay.
     Yang aku suka dari film ini adalah insecurity itu ngga cuma dimiliki sama orang yang ngga mencapai beauty standard, yang ngga kurus, tirus, rambut panjang, putih, tinggi, mancung. Nope.. di film ini, orang yang menurutku udah mencapai beauty standard tetep bisa lho ngerasa insecure. Kok bisa? Ya bisa.. Karena komentar orang di media sosial.
     Mulut sama jari orang lain bisa kah kita cegah dari komentar julid? Duh, gausah dibayangin. Pasti susah. Kalau komentar julid itu ditanggepin, nanti dianggepnya baper. Soal body shaming ini udah banyak didengungkan para influencer, tapi berapa persen dari follower mereka yang bener-bener paham sih? Mungkin beberapa langsung menjaga tutur kata, tapi yang lainnya mungkin cuma baca sambil lalu. Semoga orang-orang di sekitarku ngga ada yang suka julid ya, dalam konteks apapun.
     Hal menarik lain adalah perubahan gaya hidup Rara dari makan apa aja yang enak, jadi makan apa yang menyehatkan. Ini yang perlu orang-orang untuk take a note. Makan bubur ayam, nasi padang, coklat, junkfood? Boleh.. terserah kamu. Tapi ayo dicermati lagi mana yang sehat, mana yang engga. Ini bukan masalah bikin gemuk atau engga, ini soal berapa banyak sampah yang mau kamu tabung untuk masa tuamu. Terus kebiasaan olahraga juga.. Banyak pekerja kantoran yang menyepelekan ini. Sibuk wira-wiri di kantor sama olahraga beneran itu beda ya. Aku ngerasain sendiri sih, olahraga walaupun cuma sekali seminggu itu ngefek banget di badanku dibandingkan pas jarang olahraga. Iya, cuma seminggu sekali lho. Masa ngga ada waktu?
    Setelah nonton film Imperfect ini juga jadi belajar.. gabisa lho kita berubah tu ngikutin apa kata orang. Jangan. Karena ngga akan ada abisnya. They'd always find flaws in us. Aku juga masih belajar.. yuk belajar bedain constructive criticism with destructive one. Inget, orang yang bener-bener peduli sama kita tau gimana kasih kritik ke kita. Beda tuh sama yang cuma julid aja haha. Juga, yuk belajar nyampein criticism yang baik, yang ngga di depan orang lain, yang ngga menyakiti hati juga. Bismillah..

source: Radarmalang.ID

     Hmm.. kalau tadi soal isu yang diangkat, sekarang review film ini gimana?
     Nonton film kak Ernest itu selalu enjoyable sih. Pesan dalam film dia pasti ngena, padahal filmnya selalu dibungkus secara ringan dan menyenangkan. Lawakannya pecaaahh, gausah diragukan lagi.. Siapa sih empat pemain yang jadi anak kost? Ngga kenal, tapi aktingnya bagus haha. Bener-bener scene-stealer.
    Reza Rahadian perlu dibahas kah? Sebagai partner, spouse, atau mantan suami, entah kenapa akting dia selalu khas. Ketika dia godain ceweknya atau ketika dia ngomel/marah ke pasangan, khas banget. Mungkin ad-lib dia sendiri ya, bukan dari script, jadi karakter dia dari beberapa film jadi hampir sama. Sama-sama Reza Rahadian. Aku ngga bilang aktingnya ngga bagus ya, tetep bagus kok.. BTW, GIMANA CARANYA BIAR KETEMU COWOK MACEM DIKA YANG NERIMA KITA APA ADANYA???? Tolong kasih tau aku.
    Kalau boleh jujur yang agak mengganggu malah ada di scene klimaks antara Rara, Lulu, dan mamahnya. Dialog mamahnya rada kaku, in my opinion, sayang banget kan :( And at last, let's give round of applause to Jessica Mila. Walaupun didukung dengan make up artist sama wardrobe yang bikin dia keliatan lebih gemuk, tapi dia tetep naikin berat badan 10 kg lho. Aku bahkan ngga ngeh siapa yang jadi Rara di poster film ini, sebelum baca nama Jessica ya.

     Yuk, nonton Imperfect. Mumpung belum turun layar.

Comments

Popular Posts