Madura? Madura.

Liburan kali ini agak drama dan ya, dadakan banget. Sabtu malem tanggal 2 November, aku ketemu sama dua temenku. Dan salah satu dari mereka cerita, awalnya, kalau mau ada acara di Surabaya dan rencana sekalian liburan ke Madura. Terus tau kan kelanjutan ceritanya? Haha aku dan temenku satu lagi pengen ikutan. Karena menurutku rencana liburannya ke Madura, tepatnya Pantai Sembilan, terdengar well-prepared hahaha jadi aku yakin aja mau ikutan.
     Dramanya dimulai di hari Senin, ketika ada kabar kalau hari Minggu, 10 November bakal ada upacara Hari Pahlawan. Padahal hari itu aku udah cari dan sorenya mau book tiket kereta, tapi... nyesek. Long story short, entah bagaimana semesta mendukungku liburan weekend kemarin. Dinas tempatku kerja, out of all gov. offices, meniadakan upacara hari Minggu. Aku langsung beli tiket pergi-pulang H-1. Yas, yas, yaaaassss. Aku excited dua kali lipat haha.

---------------------------------kalo mau skip dramanya---------------------------------------

Anggep aja ini teaser ;) (cr.: me)
     Perjalanan dari Jogja ke Pantai Sembilan ini bisa dibilang, kamu akan naik macem - macem transportasi darat dan laut. Hari Jumat, 8 November malem aku berangkat dari Stasiun Tugu. By myself, karena ketiga temen liburanku udah ada di Surabaya semua. Naik Jayakarta seharga Rp 210.000. Ini termasuk kereta ekonomi premium. Sebenernya tiket ke Surabaya ada kok yang lebih murah (kurang dari Rp 100.000 ada), tapi aku ngga cocok di waktunya sih. Aku ngga berani sampe Stasiun Gubeng tengah malem atau pagi buta, karena ini pengalaman pertamaku kesana. Kalo ke St. Senen, mungkin aku berani karena 'dah ngerti medan :p'.
     Kereta Jayakrta berangkat jam 10 malem, sampainya jam 4 lebih pas subuh. Jadi, keluar dari stasiun lewat St. Gubeng Baru (ada Lama dan Baru ternyata), sholat dulu. Terus ke titik penjemputan Gojek Instant, langsung cus ke penginapan temenku. It costed me Rp 25.000. Sampe hotel, terus mandi dan sarapan. Btw, tadi di deket St. Gubeng Baru ada masjid agak gede. Mungkin yang ngga punya penginapan bisa sholat dan mandi di sana. Kali aja gratis hehe.
     Lanjut.. kami berangkat dari hotel sekitar jam 09.00. Naik taksi online (Rp 28.000) ke terminal kota, namanya terminal Purabaya di daerah Bungurasih. First impression, terminal ini gedeee. Don't blame me, aku belum pernah masuk ke terminal Pulogebang di Jkt jadi ya menurutku ini terminal termasuk gede dan keliatan semi - semi bandara. Dalemnya ya..

Barusan aku muji bagian dalem terminal, tapi yang aku foto luarnya aja-_- hhh aku juga bingung (cr.: me)

Ada banyak jalur bis, sekitar dua puluh. Dibedain berdasarkan kota tujuan dan jenis bisnya (mau patas, ekonomi, atau eksekutif). Kami ke jalur 3, khusus bis Patas tujuan Madura. Bisnya berangkat tiap 30 menitan. Lucu deh, ketika nunggu bis berangkat, banyak penjual yang naik ke bis (ya emang biasa), tapi beneran ngejual apa - apa. LITERALLY. Makan minum atau powerbank oke lah. Eh terus kaos kaki, buff, pensil, pulpen, gantungan kunci, gunting kuku (temenku beli sih), buku mewarnai, dan banyak lainnya..
     Bis patas itu bis berAC, jadi lumayan lah.. meskipun saking penuhnya ada yang duduk di tengah - tengah bis pake kursi plastik. Tiket bisnya Rp 60.000 dan perjalanan sampe ke tujuan, yang awalnya mau berhenti di Sumenep, sekitar 5 jam lebih. Yep, lumayan.

Terus norak pas lewat Suramadu lol (cr.: me)
     Perjalanan ke Sumenep lumayan bikin bosen sih, soalnya yang diliat mostly ya rumah - rumah, kebon (yang ketika liat jenis tanahnya aku berasa liat suatu kebon di Playen Gunungkidul haha), tapi ketika bis lewat pinggir pantai mata langsung melek. Warna biru lautnya cantik banget.. Berasa liat pantai - pantai yang ada di Lombok.

Setelah 4 jam lebih, tim bisnya ngasih saran kalo mendingan kami turun di pertigaan Saronggi karena lebih deket ke pelabuhan daripada dari terminal Sumenep. Kata mereka juga, ada angkot dari sana menuju pelabuhan jadi kami tenang aja. Ketika turun dari bis.. Bener - bener baru turun.. seorang bapak - bapak nanyain mau kemana dan kami jawab aja mau ke Pantai Sembilan. Ketika itu udah jam 3an, dan beliau bilang adanya ojek ke pelabuhan. Per motor Rp 20.000. Atau kalau mau mobil, bisaa tapi Rp 100.000. Coba kalo kami berlima mungkin milih mobil deh.. Motoran, tanpa helm. Leh uga.__.
     Ketika sampai di pelabuhan, kami langsung beli tiket kapal (Rp 10.000) per orang. Kapalnya kecil (aku gatau namanya apa ya). Yang pasti kapalnya juga banyak. Berangkatnya mungkin tiap sejam sekali. Per kapal muat buat 20 - 30 orang, plus barang dan motor. Nyebrang ke Pantai Sembilan cuma butuh waktu 30 menitan, deket banget emang.
Ini kapal yang buat nyebrang ke Pantai Sembilan, Gili Genting. (cr.: me)
     Udah capek bacanya belum?
     Lanjuuuut.. turun ke Pantai Sembilan harus bayar dulu cuy, untuk kebersihan katanya. Kami bilang mau camping, dan diminta bayar Rp 20.000 per orang. Jadi, mau pipis atau mandi, ngga perlu bayar lagi. Ada banyak vila juga sih di pantai ini. Lupa deh sekamar berapa ribu. Terus kami diriin dome di depan gazebo. Biar nanti kalau sholat bisa di gazebo nya aja. Di deket dome juga ada meja kursi yang colokannya! Wah, paling vital sih ini haha (walopun nyalanya cuma pas malem).

Setelah tenda udah berdiri, udah sholat juga. Akhirnyaaaa... makan! Makan siang skip, jadi ya lapernya luar biasaa. Sayangnya makanan yang jual rada terbatas. Kebanyakan cuma mi sama nasgor. Tapi kami nemuin warung makan yang jual ikan bakar huhu. Langsung cus pesen ikan cakalang bakar dan goreng plus mi goreng. Astaga, iya iya.. nasi juga. Sambelnya si ibu lengkap juga, ada sambel tomat sama kecap. Mantap bukan. Langsung struknya aja.. Rp 75.000 berempat. Yay, alhamdulillah haha.

Masih kebayang deh sambel tomatnya... (cr.: me)
     Yang ngga menyenangkan camping di sana adalah.. gewla terang banget. Ada lampu sorot di belakang dome kami *monanges*. Terus warga sana muter lagu kenceng bat. Haduh salah nyari spot tenda.. Padahal aku maunya dengerin suara ombak aja. Jadinya kami berempat gantian dua - dua buat jaga tenda terus yang lain bisa jalan - jalan ke pinggir pantai, duduk di pasir, dan yaa menikmati aja suara ombak.. angin pantai.. yang pasti berujung curhat haha
     Paginya kami baru main air, jam 5 langit udah terang. Kami foto - foto, mandi, sarapan, lalu beberes. Sarapan pagi itu, mau ngga mau, dengan mi telur. Sedih, karena sisa ikan tadi malem yang sengaja disimpen buat paginya hilaaang. Ngga bersisa. Plastiknya pun engga. Padahal sambelnya masih. Siapa yang ambil? Mungkin kucing.. atau kucing.... Hhh. Sarapan mi, berempat habis Rp 37.000.
     Jam 9 kami udah otw di atas kapal. Sesampainya di pelabuhan, kami cari angkot menuju terminal Sumenep (Rp 10.000). Sebenernya bisa berhenti di pertigaan Saronggi kemarin dan nunggu bis di pinggir jalan sih, tapi kami pikir mungkin lebih enak di terminal, tempat duduk di bisnya juga pasti masih kosong. Beruntungnya dapet bis yang lebih enak. Sama - sama Rp 60.000, tapi kursinya lebih enak dan bisnya lebih baru sih kayaknya daripada pas berangkat. Ngga cuma itu, bisnya juga lebih cepet a.k.a NGEBUTTTT. Klaksonnya ngga diem sepanjang perjalanan. Kata Erma, berasa roller coaster. Berangkat dari Sumenep sekitar jam setengah 11, sampai di Surabaya dengan aman, sehat, dan lengkap jam 3. Ntap.
     Berhubung udah laper, kami memutuskan makan di Bebek Sinjay. Ini terkenal banget wey. Sampe temenku (yang di Jogja) aja minta dioleh-olehin ini. Tapi pas aku beli di cabang Jalan Tidar, bebeknya tinggal 4 dongggg.. pas banget. Harganya Rp 25.000 per porsi. Yang bikin beda emang sambelnya.. sambel mangga. Tapi menurutku.. hmm.. lebih enak bebek Hj. Slamet *maap cuma mau jujur*.

Bebek Sinjay, temenku sampe dua kali kesini selama liburan haha (cr.: me)
     Terus lanjut ke St. Gubeng. Oya, kami kesana - kemarin naik taksi online ya. Habisnya sekitar Rp 50.000 (dua kali pemesanan). Sampai di Gubeng, kami sholat, cari oleh-oleh.. dan pulang deh jam setengah 6 sore. Kereta pulang naik Sancaka, kereta premium sama seperti Jayakarta yang turunnya di St. Tugu. Bedanya harganya Rp 190.000.

-------------------------------udaaaaaaaaahhhhhhhhhh--------------------------------

Kalo diitung pengeluarannya ya lumayan sih.. padahal liburannya cuma di pantai, semalem aja haha terus kenapa jauh - jauh sih? First, it didn't cross anybody's mind to visit Madura, cos me neither. It just excited me that much to explore somewhere I've never been before. Ternyata Madura punya pantai yang cantik juga.. ternyata tanahnya tanah liat kayak di Gunungkidul haha.. ternyata sebutan Pantai Sembilan itu dari bentuk pantainya yang dulu kayak angka sembilan.. ternyata bahasa orang Madura bener - bener asing di telinga dll. At least I know those now.. pengen keliling kotanya juga sih, tapi kemarin ngga sempet. Second, yang dadakan emang SUNGGUH lebih asyik dan thrilling. Third, cos I wanted to go on vacation so bad (PS. okay, I CRY whenever I see my saving now LOL). Bye.

Masa depan cerah banget sampe ngga kuat melek hahaha. Btw keliatan kan, airnya jernih bangeett (cr.: me)